Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi Terbaik ? Nggak Susah, kok !

Masalah mengenai pendidikan memang tak pernah usai diperbincangkan. Banyak sekali masalah-masalah yang muncul seiring perkembangan waktu. Untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang memilliki peran di dalamnya. Drs. Tarsisius Sarkim M.Ed., Ph.D. yang merupakan salah dekan di Univertas Sanata Dharma Yogyakarta akan membantu kita untuk menganalisis hal tersebut serta memberikan solusi yang tepat bagi kita. Berikut ini adalah jawaban yang dapat membantu kita agar dapat membuka mata dalam memilih jurusan serta perguruan tinggi yang terbaik.

Q : Banyak siswa yang masih bingung untuk memilih jurusan setelah lulus SMA. Mengapa hal ini seringkali terjadi?

A :   Hal itu masif terjadi. Penyebabnya adalah siswa belum memiliki cita-cita hidup atau karir yang jelas. Banyak dari mereka yang menjalani sekolah tanpa sungguh-sungguh dipikirkan, mengapa ia sekolah, dan untuk apa ia sekolah. Terkadang, siswa  merasa tidak mampu untuk melanjutkan studi. Mungkin merasa tidak mampu secara akademik atau tidak mampu secara ekonomi, dan masih ada deretan  faktor lain yang membuat ia tidak bisa memilih atau tidak punya pilihan.

Q : Apakah sistem pendidikan di bangku SMA memiliki peran terhadap masa depan siswa terutama ketika siswa memilih jurusan? Mengapa demikian?

A : Proses pendidikan di SMA mempengaruhi siswa ketika mereka memilih jurusan di perguruan tinggi. Pengaruh yang ditimbulkan bisa positif dan bisa pula negatif. Apabila pendidikan yang siswa dapat di SMA baik, seperti memberikan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk kuliah di perguruan tinggi, memberikan wawasan kepada siswa tentang berbagai jurusan yang ada di perguruan tinggi termasuk apa yang dipelajari dan bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan jurusan itu, serta membantu siswa untuk memikirkan masa depan sendiri sejak awal (tidak hanya baru dijelaskan di kelas XII), maka siswa akan terbantu untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Akan tetapi, kalau siswa tidak mendapat pendidikan tersebut di SMA, maka siswa akan kesulitan memilih jurusan di perguruan tinggi.

Q :  Jurusan-jurusan pada tingkat universitas yang bagaimanakah yang mampu menopang masa depan seorang siswa?

A :  Semua jurusan di perguruan tinggi dapat menjadi sarana atau jalan meraih keberhasilan dalam hidup seseorang apabila orang tersebut menekuni bidangnya dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memiliki prestasi yang baik.

Q : Banyak siswa yang memilih Universitas dengan bayaran yang mahal atau universitas negeri yang sudah ternama. Apakah universitas seperti itu benar-benar mampu menjamin kualitas pendidikan dan masa depan siswa? Mengapa hal itu terjadi?

A : Keberhasilan studi tidak hanya ditentukan oleh universitas dan dosen, tetapi oleh usaha dan ketekunan mahasiswanya. Kualitas pendidikan di perguruan tinggi tidak selalu berkorelasi dengan biaya kuliahnya. Ada universitas yang menarik biaya tinggi tetapi pelayanan pendidikannya biasa-biasa saja, tetapi ada pula perguruan tinggi yang biayanya tidak tinggi tetapi dapat memberikan pelayanan pendidikan yang sangat bagus.

Q :   Bagaimanakah cara untuk mengatasi kebingungan siswa dalam memilih jurusan?

A : Untuk mengatasi kebingungan memilih jurusan, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu (1) tanyakan kepada diri sendiri: Saya ingin bekerja dalam bidang apa? Kemudian komunikasikan dengan orangtua dan guru Bimbingan dan Konseling di sekolah. (2) Carilah informasi, bidang ilmu apa yang cocok atau yang dapat membantu saya mencapai cita-cita saya? (3) Carilah informasi, di mana jurusan atau program studi itu ada? (4) Pertimbangkanlah tentang biaya, dan situasi kota dan aspek-aspek lain yang terkait dengan studi. (5) Buatlah beberapa daftar alternatif pilihan jurusan

Q :  Bagaimana tanggapan Bapak bila ada seseorang yang bisa sukses pada bidang yang tidak sesuai dengan jurusan yang telah ia tekuni?

A : Bisa saja terjadi, dan juga mungkin tidak sedikit. Kadang orang belajar di jurusan tertentu bukan karena keinginannya, dan setelah selesai belajar baru menyadari bahwa ada bidang lain yang lebih sesuai dengan minatnya. Bisa juga terjadi karena orang itu mendapatkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru di luar bidangnya dan ternyata berhasil. Ada banyak sekali kemungkinan dan jalan untuk mencapai keberhasilan.

Q : Mengapa jurusan yang ditekuni oleh seseorang terkadang tidak menyebabkan orang tersebut beruntung atau sukses dalam masa depannya?

A : Banyak faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, bidang ilmu yang dipelajari hanya salah satu faktor saja. Bagus dalam nilai akademik saja tidak cukup, harus ada kemampuan lain diluar bidang akademik seperti kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang perlu dimiliki oleh seseorang untuk berhasil. Sikap dan integritas pribadi  merupakan faktor penting yang menetukan keberhasilan seseorang. Dan yang tak kalah pentingnya adalah relasi.

Q : Bagaimana cara kita untuk memilih universitas yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kita agar dapat berguna bagi masa depan?

A : Pelajari status akreditasinya. Lihat reputasinya pada tingkat provinsi, nasional, dan internasional. Pelajari kecocokan lingkungan belajar dan kota dengan yang diinginkan. Pertimbangkan kesesuaian biaya yang dibutuhkan dengan yang tersedia

Q : Biaya pendidikan semakin tinggi, apakah meneruskan pendidikan ke tingkat universitas sangat penting bagi siswa SMA?

A : Kuliah di perguruan tinggi itu penting bagi orang yang ingin berkarir dalam bidang-bidang yang memerlukan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang tinggi. Dan apabila ditekuni dengan baik, akan peluang untuk berkarir lebih baik dan berkontribusi kepada masyarakat baik lokal, nasional maupun global. (C.J/2012)

About smaksanjose

SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar Bali Indonesia
This entry was posted in ARTICLE, CERPEN, NUANSA CINTA, OPINI and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi Terbaik ? Nggak Susah, kok !

  1. Vivi Yanthy Sipayung says:

    Great insight!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s