KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI WARNAI EKSPO PENDIDIKAN SANJOSE

Tampak pemandangan yang berbeda ketika memasuki areal SMAK Santo Yoseph Denpasar (14/9). Banyak stand berjajar rapi dengan atribut yang menyuguhkan informasi tentang studi lanjutan bagi siswa-siswa SMA yang  ingin meneruskan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.  Kegiatan ekspo pendidikan ini diselenggarakan oleh SMAK Santo Yoseph Denpasar  bekerja sama dengan beberapa universitas di wilayah Bali, Jawa, dan konsultan pendidikan dari luar negeri   dari 14-15 September 2012,  pukul 08.00-15.00 wita.

“Ekspo pendidikan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Ada  46 universitas yang ikut serta dalam ekspo pendidikan ini, di antaranya  UNTAR Jakarta, STIE Trisakti Jakarta, UPH Jakarta, Universitas Surabaya, Universitas Ciputra Surabaya, Maranata Bandung, Parahyangan Bandung, Universitas Machung Malang, Universitas Atma Jaya Jogjakarta, STP Nusa Dua Bali, Embassy of Malaysia, Universal Singapura, Progress, Education One Australia, Vista Education dll. Ekspo pendidikan ini tidak hanya mengundang siswa SMAK Santo Yoseph sebagai audiensnya, tetapi orang tua siswa, bahkan siswa dan orang tua siswa dari  sekolah lain pun diperkenankan hadir dalam ekspo ini ,”ungkap Ir. Clara Cahyani, ketua panitia ekspo pendidikan.

Setiap tahunnya tercatat lebih dari 75 % lulusan siswa SMAK Santo Yoseph denpasar melanjutkan studi di perguruan tinggi dalam dan di luar negeri. Di tahun ini pun, minat siswa di sekolah ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menunjukkan angka yang signifikan. Hal inilah yang menyebabkan pihak sekolah berkewajiban untuk melayani siswa mendapatkan  informasi relevan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Lebih lanjut, Drs. Nyoman Sunarya Martinus, kepala SMAK Santo Yoseph Denpasar mengatakan, “Banyak keuntungan yang dirasakan siswa ketika mengikuti ekspo pendidikan ini. Mereka diberikan keleluasaan untuk memilih universitas yang bermutu dan sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa. Bahkan, universitas yang mengikuti ekspo pendidikan ini memberikan beasiswa bagi siswa kami  yang berprestasi.  Sasaran dari ekspo pendidikan ini tidak hanya berkisar pada siswa kelas XII, namun siswa kelas X dan XI diwajibkan untuk menggali pengetahuan tentang studi lanjutan yang ada dalam perguruan tinggi. Tujuannya adalah siswa kelas X dan XI memiliki visi dan misi yang jelas terhadap bidang ilmu yang ditekuni. Akibatnya, siswa bisa belajar lebih tekun, rajin karena termotivasi meraih kursi pada universitas yang mutunya bagus. “

By Eka Budiyani

About smaksanjose

SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar Bali Indonesia
This entry was posted in EVENT SANJOSE. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s