Internet untuk Pendidikan

Teknologi Internet telah bagitu banyak mengubah kehidupan umat manusia. Mulai dari aspek sosial, pemerintahan, pertahanan, pendidikan, bisinis dan banyak hal lainnya. Informasi yang realtime, efektif, efisien dan global adalah sesuatu yang ditawarkan oleh layanan berbasis jaringan ini. Kita dapat lebih mudah mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia, tanpa harus mengunjungi negara tersebut. Begitupun dalam hal pendidikan.

Seiring kemajuan jaman dan teknologi yang semakin maju dan terus berkembang, sektor pendidikan juga tidak dapat lepas dari internet. Karena apa? karena internet merupakan sumber informasi yang cukup akurat dan dapat dijadikan sebagai referensi dalam berbagai bidang pendidikan. Baik itu informasi kurikulum yang digunakan, sistem pendidikan, dan informasi lainnya. Bahkan banyak materi pelajaran dan jutaan referensi tentang pendidikan yang dapat kita akses secara mudah dan murah.

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu

  • sebagai media interpersonal dan massa;
  • bersifat interaktif,
  • memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.

Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.

Penelitian mengenai pengembangan sekolah secara jelas menunjukan salah satu cara yang paling efektif bagi sekolah yang ingin berkembang secara mandiri yaitu lewat berbagi (sharing) informasi dan ide-ide. Salah satu dukungan yang terbesar untuk pengembangan pribadi dan profesi kepala sekolah yang memanfaatkan proses pembaharuan yaitu komunikasi yang terbuka dan mendukung melalui forum rutin kepala sekolah. Melalui penyampaian masalah secara kolektif diantara rekan seprofesi sudah menghasilkan solusi yang efektif dan dapat direalisasikan.

Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain; siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah. Jika obyektifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan sumber daya manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi kita dengan seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran (stakeholders). Lagipula kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala bidang.

Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita. Kemampuan untuk berbicara bahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua kriteria yang biasa diminta masyarakat untuk memasuki lapangan kerja baik di Indonesia maupun diseluruh dunia. Dan hanya sekitar 20-30 % lulusan sekolah menengah yang melanjutkan ke tingkat pendidikan lebih tinggi, maka dengan adanya komputer yang telah merambah disegala bidang kehidupan manusia hal itu membutuhkan tanggung jawab sangat tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran komputer ( lihat bagian Pendaluan-Komputer )

Oleh karena adanya prioritas yang tinggi untuk membangun fasilitas komputer diseluruh sekolah-sekolah di Indonesia dan adanya jarak yang cukup jauh antara sekolah provinsi di Indoesia, sepertinya Internet pilihan yang cukup baik untuk mengembangkan komunikasi antar sekolah, Kanwil, Kandep, dan DEPDIKNAS yaitu dapat dilakukan lewat Internet. Beberapa sekolah telah mengambil inisiatif untuk membangun fasilitas mereka sendiri. Berdasarkan langkah yang sudah ada ini, dan membiarkan hal itu berkembang sendiri yaitu tetap konsisten akan kebutuhan belajar siswa kita, maka Internet sebagai strategi yang sesuai untuk menjadi medium komunikasi yang sah.

Kekayaan akan informasi yang sekarang tersedia di Internet telah lebih mencapai harapan dan bahkan imajinasi dari para penemu system yang pertama. Internet awalnya diciptakan untuk kebutuhan system pertahanan militer supaya dapat didesentralisasikan sehingga dapat mengurangi resiko kerusakkan total, mungkin saja hal inibisa terjadi apabila sistem sentral komputer utama dimusnahkan.

Internet juga dapat didesentralisasikan dan diberdayakan. Dengan menggunakan internet kita dapat mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan sedang berkembang secara cepat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. Kita dapat menyebarkan (publish) informasi yang bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu singkat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing.

Keuntungan menggunakan teknologi Internet bagi para guru/pengajar:

  1. Meningkatkan pengetahuan
  2. Berbagi sumber diantara rekan sejawat/ sedepartemen
  3. Bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri
  4. Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secra langsung
  5. Mengatur komunikasi secara teratur
  6. Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional.
  • Mengakses rencana belajar mengajar & metodologi baru
  • Bahan baku & bahan jadi cocok untuk segala bidang pelajaran
  • Mengumumkan dan berbagi sumber. Sangat tingginya popularitas / sangat tingginya minat untuk meningkatkan siswa lebih terfokus belajar.

Pengembangan Profesionalisme
Sumber bahan mengajar :

Manfaat internet bagi siswa/pelahar:

  1. Meningkatkan pengetahuan
  2. Belajar berinteraktif
  3. Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian
  • Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
  • Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia

Belajar sendiri secara cepat :
Memperkaya diri :

Walaupun Internet berpotensi untuk menyampaikan keuntungan-keuntungan tersebut bagi para guru maupun para siswa, pemakaian Internet di kelas hendaknya harus disusun sedemikian rupa dengan belajar mendefisinasikan secara obyektif. Kegiatan siswa juga harus dimonitor dengan baik.

Kesimpulannya addalah, dengan teknologi internet bukan hanya sebagai media hiburan, sosial dan juga bisnis, tapi bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi yang akan mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Bagi guru/pengajar dalam mencari referensi materi pelajaran ataupun kurikulum dan sistem pendidikan terbaru yang digunakan oleh sekolah lain, baik didalam maupun diluar negeri. Bagi para siswa didik/pelajar, mereka juga dapet lebih mudah dalam mencari informasi dan juga pengembangan diri sesuai dengan bidang dan minat masing-masing siswa.

Semoga tulisan yang singkat  ini dapat memberikan manfaat yang besar, dan jika ada pihak yang kurang (atau tidak) setuju dengan pendapat saya diatas, silahkan ungkapkan opini Anda, dan realisasikan apa yang  Anda suarakan.

(By JD –> Dari Berbagai sumber)

About smaksanjose

SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar Bali Indonesia
This entry was posted in ARTICLE, NUANSA CINTA, OPINI, TAU LEBIH IT and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s