Misa Syukur HUT RI, Yayasan, dan Sekolah

Pagi hari yang begitu cerah, diiringin angin pagi yang dingin SMAK Santo Yoseph disibukkan dengan acara-acara HUT RI, Yayasan, dan Sekolah.  Sebagai acara pembukaan HUT RI ke 66, Yayasan ke 53, dan Sekolah ke 47 ini di buka dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Rm.Flavianus Endi, Pr.  Dan di ukuti seluruh dewan guru dan karyawan serta seluruhmurui yang beragama Katolik, misa syukur diselenggarakan di lantai dasar gedung baru.

Rm. Vian mengajak umat bernyayi: berikut liryknya:

Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalkani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Dalam khotbahnya Rm. Vian (panggilan akrabnya) sengaja memilih sepenggal bait dari lagunya D’masiv yang judulnya Syukuri apa adanya, hidup adalah anugerah. Sepintas, tidak ada makna yang khusus dalam bait lagu tersebut. Tapi marilah kita mencoba untuk lebih memahami makna apa yang ada dalam sepenggal lagu tersebut.

Mungkin jika kita menelusuri makna apa yang ada dalam liryk lagu itu, kita akan dapat mengerti betapa indahnya hidup ini jika kita selalu mensyukuri apa adanya hidup ini. Suka maupun duka, isak tangis maupun tertawa, miskin maupun kaya, haruslah kita syukuri. Karena hidup itu adalah anugerah, dan apapun yang kita alami dalam hidup itu semuanya itu adalah anugerah. Itu adalah anugerah dari Yang Kuasa, Tuhan. Singkat cerita, beliau bilang bahwa dalam hidup ini, kita harus lebih bersyukur jika kita mengalami suatu duka cita.

Awalnya aku bingung dan menganggap khotbah tsb tidak benar adanya. Dalam pikiranku “mana mungkin kita mensyukuri duka daalam hidup kita?” . Mungkin anda juga berpikir seperti itu. Tapi tunggu dulu.. Penjelasan sang Romo tentang khotbah tersebut akan mengubah cara berpikir kita tentang duka dan syukur.

“hidup adalah anugerah Tuhan, kita hidup karena kita masih diberi waktu untuk berbuat, tapi bukan berbuat yang negatif. Apa yang ada dalam hidup kita, semua itu pemberian Tuhan. Suka maupun duka. Dukacita membuat kita hidup lebih mengetahui kuasa Tuhan.

Dengan dukacita, kita akan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Coba kita bayangkan, saat kita mengalami suatu masalah, secara spontan kita akan memanggil nama Tuhan. ‘Tuhan, bantu aku melalui masalah ini’. Begitu kira-kira kata yang muncul dalam benak kita. Tapi coba anda ingat saat anda mengalami suatu sukacita, mungkin karna anda selamat dri perjalanan panjang anda.. Apakah anda spontan mengucapkan syukur kepada Tuhan?’.. Saya rasa gak secepat anda mendapatkan musibah..

Nah, itu benar atau tidak, silahkan anda mengingat-ingat hal-hal indah dan buruk yang pernah anda alami dalam hidup ini. Hheeemmmm , luar biasa khotbah Rm. Vian…., mari kita mensyukuri apa yang kita alami baik dan buruknya.

Setelah misa mau ditutup dengan Berkat dari Tuhan, Rm. Vian memberkati Ruang Kopdit Insan Mandiri dan dan perkenalan siswa 3 siswa dari Jepang yang akan belajar budaya dan system belajar mengajar di Bali. ( By Jhoe Dandy)

Ooo akhirnya selesai juga setelah misa Kudus para siswa mengadakan lomba-lomba. Selamat Berlomba, Tuhan Memberkati

About smaksanjose

SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar Bali Indonesia
This entry was posted in EVENT SANJOSE and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s