ANTARA GURU DAN ABAD TEKNOLOGI

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang secara tidak langsung telah banyak mempengaruhi dunia pendidikan dan pembelajaran di negara ini. Boleh kita lihat guru-guru kita misalnya yang harus dengan cepat mengupdate pengetahuan dan keterampilannya alih-alih kompetensinya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Upaya seorang guru ternyata tidak bisa dengan mudah begitu saja menguasai bidang TIK ini, banyak kendala mulai dari faktor usia, dukungan sarana peralatan, kesempatan dan dukungan kebijakan dari atasan, hingga ketersediaan infrastruktur di sekolah yang tidak sederhana dan dengan mudah bisa disesuaikan.

Kesiapan, ketersediaan , kebiasaan dan keterpaksaan seakan menjadi sebuah gunung es yang sulit untuk dicairkan hanya karena oleh bekal kreativitas, semangat dan motivasi serta keberanian yang dimiliki oleh seorang guru. Bahkan guru-guru yang sudah menunjukkan kekaryaannyapun ternyata mereka masih membutuhkan dukungan kebebasan berkarya, finansial, dan manajemen kebijakan yang adaptif. Kondisi ini bisa penulis rasakan tak kala seorang guru masih kesulitan dalam memperoleh dukungan manajemen dan finansialnya terhadap hasil jerih payahnya yang telah diraih selama ini.

Dengan kondisi seperti ini apa yang harus diikuti atau yang dipelajari seorang guru, maukah seorang guru membuka hati untuk terus belajar dalam dunia teknologi modern. Untuk memfasilitasi bagaimana seorang guru mampu mengikuti perkembangan teknologi, maka SMAK Santo Yoseph terus memberikan fasilitas sekolah yang memadai, akses internet yang dengan kecepatan tinggi baik untuk karyawan, guru dan murid, serta di fasilitasi dengan WiFi, jadi guru, karyawan, murid dapat menggunakannya.

Dengan fasilitas ini sekolah SMAK Santo Yoseph mengharapkan Guru mampu bersaing dengan dunia teknologi. Sekarang tantangan buat kita, siap dan sanggupkan kita terus belajar tanpa kenal lelah. Tanpa itu kita akan KETINGGALAN….

Semoga!

By Jhoe Dandy

About smaksanjose

SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar Bali Indonesia
This entry was posted in ARTICLE. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s