Apakah IT bisa jadi teman atau musuh di SMAK Santo Yoseph?

IT bukan lah hal yang tabu lagi dalam masyarakat kita. IT di ibarat kan makan nasi tanpa garam, karena sebagian besar masyarakat sekarang tidak bisa hidup tanpa IT walau hanya sehari saja. Coba kita tengok ke SMAK santo yoseph Denpasar, di sekolah itu IT bukan lah hal yang baru lagi bagi mereka. Dari guru hingga murid-murid nya tak luput dari IT. Lalu timbullah beberapa pertanyaan apakah IT itu baik untuk siswa di SMAK Santo Yoseph???, atau sebalik menjadi bumerang penghancur bagi siswa sendri?

Ya seperti kita ketahui saja IT merajarela dimana-mana hampir seluruh pelosok dunia tau apa itu IT. Di SMAK Santo Yoseph, IT sudah mulai di pakai untuk membantu para siswa mendapat informasi di dalam pembelajarannya.  Namun tidak semua semua siswa juga tidak mengerti bagaimana memanfaatkan nya dengan baik. tidak sedikit juga banyak siswa yang jatuh terjerumus akibat tidak bisa memanfaatka  IT secar a bijak.  Ada banyak Keuntungan yang di berikan IT  kepada para siswa di SMAK Santo Yoseph namun tidak sedikit juga yang  menjadi penghancur bagi siswa itu sendri, antara lainnya adalah:

  1. Kemudahan berkomunikasi antara murid dengan murid atau murid dengan guru.

Seperti contohnya saja melalui jejaring sosial seperti facebook,twitter,Yahoo messenger, dan lain – lain. Dengan kemudahan ini pertukaran tukaran informasi antara murid dengan murid atau murid dengan guru akan lebih cepat serta akan jauh lebih menghemat waktu dan biaya.

  1. Kemudahan siswa untuk mendapatkan informasi untuk membantunya dalam mengerjakan tugas yang di berikan guru karena dengan bantuan IT, sekarang ini sangat tidak mungkin seorang anak tidak mampu mendapat informasi karena penyebaran informasi itu hitungan nya detik dan siapapun dapat dengan mudah mendapatkan informasi itu.
  2. Mempercepat kerja siswa karena dengan cepatnya komunikasi dan cepatnya infaormasi yang datang maka pekerjaaan siswa juga bisa menjadi lebih mudah bahkan bisa lebih cepat dari waktu yang diminta

Namun kita juga tidak bisa meliaht dari sisi baiknya saja ada juga akibat yang buruk yang bisa di timbulkan  dari pemanfaatan IT dengan tidak bijak akibat yang di timbulkan hnya satu ya itu Kecanduan. Akibat tapi akibat dari kecanduan itu siswa bisa menjadi tidak naik kelas dan tidak sedikit juga siswa yang menghabiskan uangnya untuk IT  dan mengakibatkan keiniginan untuk mencuri, berbohong , dan lain2 semua itu terjadi jika IT di pakai secara tidak bijak.

IT memang sangat baik bagi siswa di SMAK Santo Yoseph tapi akan lebih baik lagi apa bila IT di manfaat kan dengan baik dan di pergunakan untuk mencari informasi  bukan untuk hal hal yang lain.

                                                                                                                      By Richard Prawira

About smaksanjose

SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar Bali Indonesia
This entry was posted in OPINI and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s